Bedah Strategi : Buang 3-5-2 Pakai 4-2-3-1

Reporter : Abi Yazid
Dendi Santoso Mendapatkan Tempat Jika Arema Bermain 4-2-3-1

Wearemania.net - Masuknya 5 pemain baru dengan 4 diantara adalah bukan kiper bakal membuat persaingan per posisi Arema Indonesia semarak. Tidak ada yang mendapatkan jaminan sebagai pemain inti, namun dengan gelagat untuk menaikkan posisi dari zona degradasi maka buat apa pemain baru untuk dikontrak. Karena itu menarik kita perhatikan formasi dan strategi apa yang bakal dibuat oleh Joko Susilo.

Selama joko memegang Arema menggantika Pikal, Joko Susilo lebih sering menggunakan formasi 3-5-2. WEAREMANIA sendiri tahu formasi itu untuk menutupi kelemahan para bek yang kerap kalah beradu lari dengan striker berkecepatan tinggi. Sebab meski secara strategi ada 3 bek murni. Namun dalam permainan akan ada 2 full-bak dari sisi kanan dan kiri yang akan turun ketika diserang. Keadaan ini membuat Arema bermain dengan 5 bek.

Sementara itu 5 pemain di tengah skill tinggi dimiliki oleh Arif Ariyanto yang bergerak secara simultan untuk menyerang dari sisi kanan dan kiri. Dan untuk striker, posisi Marcio Souza tidak ada yang menggantikan kecuali jika pemain ini tidak bisa main.

Formasi Kembali ke 4-2-3-1.

Selama melakukan ujicoba, WEAREMANIA selalu memperhatikan gerakan pemain, ada formasi yang sangat menggigit yang dipakai oleh Joko, formasi itu adalah 4-2-3-1 yang secara cepat bakal bertransformasi menjadi 4-3-3 ketika menyerang.

Posisi penjaga gawang nampaknya bakal menjadi milik Meiga, pemain terbaik pada ISL 2009/2010 nampaknya bakal diganti dari posisinya jika tidak fit atau terkena akumulasi kartu.

Hendro Siswanto juga bakal menempati posisi inti, meski ketika ujicoba Joko selalu memuji semua pemain-pemainnya, namun disaat lain ketika WEAREMANIA menanyakan tentang Hendro, Joko langsung mengatakan jika selama ini dirinya sangat kekurangan pemain yang mampu membagi dan merebut bola. Bertahan dan menyerang sama baiknya, serta mampu melakukan tembakan keras dari luar lapangan.

"Hendro adalah pemain dari luar Arema pertama yang saya temui di awal musim lalu, saya dulu punya pikiran untuk menduetkan dia dengan Ahmad Bustomi atau Esteban" Kata Joko. Karena itu salah satu dari dua pemain tengah bakal menjadi milik Hendro Siswanto sebab selama ujicoba Hendro memberikan bukti kepantasan dia masuk timnas U23 d Sea Games tahun lalu, dengan menguasai lini tengah.

Dendi Santoso juga menuai pujian dari Joko Susilo, "Dari pemain sebelumnya, hanya Arif Ariyanto yang punya kecepatan menyusur lewat sayap, Dendi pemain yang bagus dan punya kecepatan di sisi sayap" Kata Joko. Meski tidak mengatakan Dendi bakal menjadi pemain inti, nampaknya selama ujicoba, Joko sudah mampu menerka kemampuan anak buahnya.

Dendi tidak bisa maksimal jika bermain sebagai striker atau second striker. Karena itu, Joko memasang dia sebagai penyerang di formasi 3 gelandang serang. Posisinya ada di kanan, dan selama ujicoba Dendi punya kontribusi besar dalam segala serangan Arema di sisi kanan.

Alfarisi punya kemampuan dalam hal kecepatan dan timing untuk merebut bola, satu satunya kelemahan dia adalah dia belum bisa maksimal jika bermain selama 90 menit. Namun kondisi sekarang ini, dari full-back kanan dan kiri Arema, Khusnul Yuli adalah yang paling aman karena dia hanya bertanggung jawab terhadap 6 bola yang masuk dari areanya. Sementara itu, di sisi kiri Arema sudah kebobolan selama 10 kali.

Masuknya Alfarisi belum tentu jaminan, karena di sisi itu ada Nurul Mauludi dan Kery Yudiono, meski ketika melawan Persija gol terjadi dari sisi kiri, nampaknya kedua pemain itu juga semakin meningkat kemampuannya.

Sunarto dikontrak untuk memenuhi problem second striker Arema. Posisi false nine ini pernah diberikan kepada Arif Ariyanto ketika melawan PSAP. Hasilnya dia yang punya modal kecepatan malah bingung dan cenderung bermain melebar. Alhasil posisi ini belum cocok kepada pemain yang ada.

Sunarto yang bisa bermain di gelandang serang sayap atau second striker punya kelebihan terhadap penempatan posisi. Meskipun sudah mampu mencetak gol ketika ujicoba terakhir, Sunarto praktis juga belum tentu dapatkan posisi inti. Tetapi, jika kondisinya mendesak, Sunarto bahkan bisa menjadi penyelamat Arema seperti yang dia tunjukkan tahun lalu.

WEAREMANIA juga punya rapor versi sendiri terhadap pemain Arema, selama pertandingan yang dilalui Arema, posisi Marcio, Khusnul Yuli, Seme, dan Arif Ariyanto bakal aman dan dia tidak akan tergantikan selama dalam kondisi fit dan tidak terkena kartu. Tentu saja, prediksi starting eleven itu juga bakal berubah jika Andre Barata, Muhammad Ridhuan, atau striker asing ada yang masuk.

Prediksi strategi WEAREMANIA (tanda kurung menandakan dia belum fix)

4-2-3-1 : Meiga ; Khusnul Yuli, Ibo (Charis), Seme, Alfarizi (Kery) ; Hendro, Kim (FAS) ; Dendi, Sunarto , Arif Ariyanto ; Marcio

Kami punya prediksi, bagaimana prediksi anda?

(abi/wearemania)

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya