4-2-3-1 Untuk Skor 7 Lawan Martapura

Reporter : WeAremania

Wearemania.net - Formasi yang sangat populer di Arema sejak dua musim ini tidak berubah meski sudah masuk 3 pemain baru. Hal itu diketahui dalam ujicoba Arema vs Martapura FC kemarin. 4 kuartet di lini belakang tetap, kali di isi oleh Benny-Purwaka-Golo-Alfarisi, 2 gelandang destroyer diisi duet lawas Esteban dan Bustomi, 3 gelandang serang diisi Roman Chmelo, Musafri dan Arif Suyono. Satu slot posisi striker diisi oleh pemain baru Saktiawan Sinaga.

Debut Pemain Baru
Di awal babak, sakti terlihat canggung bermain sebagai striker tunggal, karena dia selalu dimarking dengan sangat ketat oleh bek Martapura FC. Akan tetapi perlahan kemudian sokongan 3 gelandang serang yang bisa menjadi striker ketika dibutuhkan membuat pertahanan lawan kocar kacir. Sepintas tidak ada beda antara Sakti dengan Along, baik potongan rambut hingga perawakan. Akan tetapi sosok Along lebih mempunyai bergerakan di setiap sisi lapangan, dan tidak berkutat di lini depan saja. Keadaan ini membuat Joko Susilo memerintahkan Sakti untuk aktif bergerak, menjemput bola dan mengoper. Alhasil dia berhasil mencetak 2 buah gol melalui sundulan. "Sakti masih kaku, akan tetapi dia sudah sangat baik dalam bermain" begitu kata Joko.

http://wearemania.quisys.com/images/berita/2011_08/2011_09_18_Arema_1.JPG

Meski gerakan masih lambat, bisa jadi Sakti akan menjadi striker yang mumpuni yang ditakuti lawan seiring waktu karena ini adalah hanya laga pramusim

Keceng yang melakoni debut di pra musim ini sangat tidak canggung. Sebab posisi gelandang serang merupakan posisi ideal dia yang selama 2 tahun kurang dimanfaatkan oleh Sriwijaya. Penetrasi dan kecepatan dia di lapangan membuat sisi kiri pertahanan Martapura FC oleng. Di posisi itu, peran Arif tidak sekedar berlari ke sayap dan crosing, namun dibebaskan untuk memasuki pertahanan lawan, sehingga bakat dia dalam menggiring bola dan menembak benar-benar maksimal. Entah lawannya kualitasnya enteng atau kualitas Arif memang bagus, yang jelas 3 gol menjadi salam pembuka dari Arif Suyono kepada 10 ribuan Aremania yang mendukungnya di preseason ini.

http://wearemania.quisys.com/images/berita/2011_08/2011_09_18_Arema_3.JPG

Kelemahan Arif yang mengisi posisi Ridhuan yang belum dikontrak oleh Arema adalah di sisi body balance, keseimbangan badan Arif kerap goyah ketika lawan melakukan aksi keras. Dia meski sering menang adu lari dengan pemain Martapura, sering pula dia kalah adu badan.

3 yang yang dicetak adalah posisi penempatan diri dari Arif Suyono yang benar-benar bagus ditambah akurasi tembakan.

Dian kurang teruji
Jika 2 pemain baru Arema berhasil menunjukkan kualitas. Lain pula dengan Dian Agus, kiper baru Arema yang berasal dari Ponorogo itu tidak mendapatkan ujian yang layak sebagai ajang bukti diri. Maklum selama 90 menit, hanya 2 tembakan pemain Martapura FC saja yang menghampiri gawang Arema, selebihnya bola banyak melambung di atas mistar atau disamping tiang.

Kata Pelatih Kiper, Dwi Agus Sasmianto "Pertandingan uji coba tidak bisa dijadikan ukuran untuk melihat kemampuan sebenarnya dari Dian Agus. Akan tetapi apa yang diperlihatkan oleh Dian selama menjalani latihan bersama Arema hingga pertandingan kemarin sudah bagus, dan tentu ketika bermain kemarin Dian sudah terlihat menyatu dan itu sudah lebih dari cukup"

Memang benar gaya komunikasi Dian sudah bagus, dia kerap mengomandoi lini belakang Arema dengan beberapa teriakan. Dan itu tentu sudah bagus sekali mengingat dia lama tidak merasakan atmosfer pertandingan akibat cedera

Pemain muda unjuk gigi
"Pemain muda kami bermain sangat bagus, meski beberapa kali terlihat gagal memanfaatkan peluang, dan ini adalah sebuah proses yang sangat bagus buat mereka dan saya yakin mereka akan bisa berkembang di kemudian hari" yakin Joko Susilo mengomentari pemain muda Arema

Lucky Ariawan, Dharmawan, Andik Fatkhurrahman, Dico Kurniawan, Teguh, Andre Lesmana dll layak diberi kesempatan untuk menjajal kemampuannya kemarin, dengan lawan yang kemampuannya lebih rendah mereka sangat pede menampilkan aksi. Kredit tersendiri layak disematkan kepada Lucky Ariawan. Pemain akrab disapa cimeng tersebut memiliki kecepatan yang mumpuni untuk bertarung di sisi sayap kiri Arema. Beberapa kali operannya membuat pemain Arema lain mempunyai peluang emas. Akan tetapi peluang emas itu kerap juga gagal diselesaikan menjadi gol oleh Andik

Pemain lawas beri bukti
Pemain Arema yang sudah memperkuat Arema musim lalu seakan memberikan bukti akan kelayakan dirinya untuk dikontrak kembali oleh manajemen Arema. Sebab passing satu-dua yang menjadi ciri khas permainan Arema diperagakan. Hal ini juga diperkuat dengan setelnya mereka dengan pemain baru.

http://wearemania.quisys.com/images/berita/2011_08/2011_09_18_Arema_2.JPG

Bustomi yang kemarin menjadi kapten pertandingan, menjadi dinamo penggerak motor lini tengah Arema bersama Esteban. Beberapa kali operannya sangat membahayakan lini pertahanan Martapura. Begitu pula dengan pemain lain semacam duo Roman yang mempertontonkan kemampuan bagusnya di posisinya masing-masing

http://wearemania.quisys.com/images/berita/2011_08/2011_09_18_Arema_4.JPG

Well, meski banyak masuk pemain baru, formasi 4-2-3-1 nampaknya akan tetap bertahan seiring setelnya pemain-pemain Arema satu sama lain.

Anda setuju?

(abi/we)

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya