REVIEW Arema FC 3-2 Barito Putera: Comeback Susah Payah

Reporter : Agung Prima
Selebrasi gol Dedik Setiawan (C) DANI KW

Wearemania.net - Comeback susah payak dilakukan Arema FC kala menjamu Barito Putera di laga pertama mereka di babak penyisihan Grup E Piala Presiden 2019, Senin (4/3/2019) malam. Tertinggal 2-0 lebih dulu, skuat Singo Edan kemudian sukses membuat publik Stadion Kanjuruhan Malang bersorak atas kemenangan 3-2 mereka.

Jual beli serangan antara kedua tim terjadi di babak pertama. Baik Barito maupun Arema mencoba mengambil inisiatif penyerangan memanfaatkan kecepatan para pemain depan.

Peluang pertama Arema datang di menit 13, melalui aksi Dedik Setiawan. Namun sial baginya, bola hasil sepakannya mampu ditepis kiper Barito, Yoo Jae-Hoon.

Tak mau tinggal diam, Barito membalas lewat Yakub Sayuri pada menit ke-21. Tandukan kepalanya menyambut umpan silan Evan Dimas mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Arema, Utam Rusdiyana.

Berikutnya, serangan demi serangan justru didominasi oleh Barito. Sementara Arema, cuma tampil bertahan dan sesekali melakukan serangan balik sporadis.

Pada menit 28, Arema berusaha lepas dari tekanan tim tamu. Bahkan, Dendi Santoso memiliki peluang dari sisi kanan pertahanan Barito, di mana bola hasil sepakannya masih melambung di atas mistar gawang lawan.

Delapan menit kemudian, Dendi kembali mendapat peluang lewat sepakannya yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Barito. Sayang baginya, Jae-hoon kembali sukses mengamankan gawangnya.

Jelang waktu turun minum, kedua tim kembali saling jual beli serangan. Namun, pertarungan di semua lini tak berbuah satu gol pun, sehingga babak pertama berakhir imbang 0-0.

Babak kedua dimulai, kedua tim belum mencoba mengubah komposisi pemain masing-masing. Baik Barito maupun Arema masih sama-sama mempertahankan permainan terbuka dengan skuat di babak pertama.

Saat memasuki menit 58, Arema akhirnya memasukkan Ricky Kayame menggantikan Ridwan Tawainella. Masuknya pemain anyar itu sedikit menambah daya dobrak tim tuan rumah dari sisi sayap.

Menit 61, skrimit di depan gawang Jae-Hoon coba dimaksimalkan oleh Pavel Smolyachenko. Namun, tendangannya terlalu tinggi dan tak mengarah ke dalam gawang Barito.

Petaka bagi tim tuan rumah hadir di menit 62 ketika umpan silang Frisca Womsiwor mampu ditanduk oleh Yakub Sayuri ke gawang Arema. Bola yang meluncur deras gagal dihentikan Utam yang harus merelakan papan skor berubah menjadi 0-1 untuk tim tamu.

Selang dua menit, gawang Utam kembali bobol. Kali ini aksi Evan Dimas yang melakukan solo run dari setengah lapangan usai memanfaatkan blunder pemain belakang Arema, dan mencetak gol yang membawa Barito unggul 2-0.

Skema yang sama yang dibangun Barito pada menit 67 nyaris kembali menjebol gawang Arema. Namun, tendangan Samsul Arif masih belum mengarah ke gawang tim tuan rumah.

Enam menit kemudian, Arema hampir saja memperkecil kedudukan andai tendangan bebas Makan Konate sukses dibelokkan Hamka Hamzah dengan kepalanya. Sayang baginya, sundulan tersebut masih membentur pertahanan Barito.

Tim tuan rumah akhirnya benar-benar memperkecil kedudukan pada menit ke-77. Memanfaatkan kemelut di mulut gawang Barito, Dedik yang sukses menyontek bola ke dalam gawang setelah sempat ditanduk oleh Hamka dan ditepis Jae-Hoon.

Serangan demi serangan bergelombang makin gencar dilancarkan Arema memasuki 10 menit terakhir. Hasilnya, Ahmad Nur Hardianto pada menit 90 berhasil menanduk bola ke dalam gawang Barito untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Dedik sempat mencetak gol tambahan pada menit ketiga injury time, namun dianulir lantaran dinilai lebih dahulu dianggap offside oleh wasit. Semenit berselang, barulah suka cita terpancar dari wajahnya usai benar-benar melesakkan gol penentu kemenangan Arema 3-2 atas Barito.

Dengan hasil ini, untuk sementara Arema berada di posisi kedua klasemen Grup E dengan tiga poin, disusul Barito di posisi ketiga. Sementara itu, Persela Lamongan yang menang 2-0 nongkrong di puncak klasemen, dan Persita Tangeran di posisi juru kunci.

Artikel sebelumnya

FIKSI: Maafkan Aku, Aremaniaku!

Artikel selanjutnya

Sejarah Arema Hari Ini: 5 Maret

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya