Alasan Begal Memainkan Dua Kiper di Awal Kompetisi

Reporter : Agung Prima
Kartika Ajie (C) WEAREMANIA

Wearemania.net - Yanuar Hermansyah sempat memainkan Kartika Ajie sebagai kiper utama di dua laga awal Liga 1 2019 melawan PSS Sleman dan Borneo FC sebelum akhirnya menggantikannya dengan Utam Rusdiyana di pekan ketiga melawan Persela Lamongan. Pelatih kiper Arema FC itu mengaku memiliki alasan khusus.

Pelatih yang akrab disapa Begal itu menyebut ketika awal-awal kompetisi seperti ini masih ada kesempatan mencoba-coba. Terlebih, menurutnya keempat kipernya, Kartika Ajie, Utam Rusdiyana, Sandy Firmansyah, dan Andryas Francisco memiliki peluang bermain yang sama.

"Kualitas keempat kiper yang kami miliki saat ini tidak jauh berbeda, sehingga semua punya peluang yang sama untuk dimainkan, kecuali kalau tahun-tahun kemarin kami punya Kurnia Meiga, kami tidak berani untuk mencoba-coba," kata Begal.

Ketika mencoba memainkan Utam di pekan ketiga menggantikan Ajie yang sudah kebobolan lima gol di dua laga, pria asli Malang itu ingin memberikan kesempatan siapa tahu penampilannya lebih baik. Yang jelas menurutnya, siapa pun yang dimainkan saat itu merupakan kiper yang sedang dalam kondisi terbaik di tim.

"Kalau suatu saat kiper yang kami mainkan terus ternyata tidak bisa bermain, kami tidak perlu khawatir, karena kiper lainnya pun siap, sehingga kami juga tak khawatir mengenai masalah mentalitasnya," imbuhnya.

Eks pelatih kiper Persela Lamongan itu juga menerapkan iklim kompetisi antar keempat kiper di dalam sesi latihan. Begal tak ingin ada kipernya yang berpikir, 'ah, saya pasti cadangan' gara-gara tidak pernah diberikannya kesempatan bermain di pertandingan.

"Dengan begini, mereka akan berpikir, 'oh, masih ada kesempatan bermain', saya sengaja membuat situasi persaingan seperti ini, biarkan kiper-kiper ini saling berkompetisi, sehingga terlihat semangat di dalam sesi latihannya, nanti saya tinggal memilih siapa yang terbaik untuk dimainkan di pertandingan," pungkas kiper legendaris Arema era Galatama tersebut.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya