REVIEW Madura United 1-0 Arema FC: Kalah Terhormat

Reporter : Agung Prima
Hamka Hamzah (C) AREMAFC

Wearemania.net - Rekor tiga kemenangan beruntun Arema FC di Liga 1 2019 patah di kandang Madura United pada pekan ke-10, Sabtu (20/7/2019) malam. Bermain di Stadion Ratu Pamelingan Pamekasan, skuat Singo Edan kalah terhormat dengan skor tipis 1-0.

Sejak menit pertama, MU sudah menggebrak pertahanan tim tamu. Sebuah peluang dari Greg Nwokolo melalui tembakan kaki kanannya masih mampu diselamatkan kiper Arema, Utam Rusdiyana.

Peluang bagi Arema baru datang di menit 10 melalui Sylvano Comvalius yang sempat mencetak gol. Namun, gol itu dianulir wasit lantaran si pemain dianggap sudah terjebak offside lebih dahulu.

Comvalius kembali ambil bagian pada peluang Arema di menit 28. Sebuah kombinasinya dengan Dedik Setiawan memanfaatkan serangan balik cepat ternyata masih mampu dihadang kiper MU, Satria Tama.

Begitu pula dengan peluang Makan Konate di menit 29'. Bola hasil tembakan kaki kanannya sanggup ditepis Satria dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

MU membalas melalui bola mati di menit 32. Bola hasil sepakan bebas Aleksandar Rakic belum mengarah ke gawang Arema.

Pada menit 33', Konate kembali mendapatkan peluang untuk Arema. Kali ini tembakan kaki kanannya masih melebar ke sisi kanan gawang MU.

Dua menit berselang, giliran Arthur Cunha yang berkesempatan mencetak gol untuk Arema. Namun, tandukan kepalanya masih mampu ditepis Satria yang melakukan lompatan ke pojok kanan gawangnya.

Crossing Comvalius yang coba disambut Konate sambil berlari di menit 39' nyaris saja membawa Arema unggul. Sayang, sontekan first time menyusur tanah dari kaki si pemain melebar ke sisi kanan gawang Satria yang gagal menghadang bola.

Bermain imbang 0-0 di babak pertama membuat tim tuan rumah tak berputus asa. Inisiatif serangan tetap mereka ambil demi menembus area pertahanan Arema.

Masuknya Andik Vermansyah menggantikan Slamet Nurcahyo sedikit mengubah permainan MU. Mereka memaksa Arema tampil bertahan dengan mengandalkan serangan-serangan balik saja.

Sebuah skrimit di menit 52' dari hasil bola chip dari Konate menuju Comvalius yang sukses dipotong Satria, membuat bola jatuh ke kaki Dendi Santoso. Sayangnya, sontekannya terlalu pelan lantaran terpeleset, sehingga bola pun mampu disapu barisan pertahanan lawan.

Selang empat menit, giliran Comvalius yang mengirimkan crossing dari rusuk kanan pertahanan MU. Bola yang ditanduk Konate dengan kepalanya masih terlalu lemah dan jatuh di pelukan kiper Satria.

Comvalius kembali mengancam gawang MU di menit 60. Sepakan spekulasinya jauh dari luar kotak penalti ternyata masih meninggi di atas gawang tim tuan rumah.

Begitu pula dengan tembakan kaki kanan Hendro Siswanto semeter dari garis terluar kotak penalti. Bola hasil sepakannya meninggi di atas gawang MU.

Peluang ketiga beruntun datang dari bola mati yang kali ini dieksekusi Hamka Hamzah di menit 64'. Kemelut yang terjadi karena tendangan bebas itu diakhiri dengan tembakan voli Hamka yang belum mengarah ke gawang Satria.

Gol yang menghukum gawang Arema ternyata datang juga di menit 65' melalui bola mati. Tendangan bebas kaki kanan Andik di rusuk kanan pertahanan Arema gagal dihalau Utam sehingga bola masuk ke pojok kanan gawangnya.

Arema berupaya menambah daya dobrak di menit 72 dengan menarik Pavel Smolyachenko. Muhammad Rafli yang lebih berkarakter menyerang dimasukkan.

Hasilnya, di menit 79', Comvalius kembali mendapatkan peluang berkat umpan terobosan Rafli. Lolos dari jebakan offside, lari kencang masuk kotak penalti MU, namun bola lepas dan diamankan kiper Satria.

Arema kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor ke gawang MU pada menit 81'. Sebuah penetrasi dari Dedik, diakhiri dengan sodoran pada Dendi, memutar badan, lalu menembak, dan bola melebar ke sisi kanan gawang MU.

Pada menit 82', Arema kembali memasukkan darah segar yang lebih menyerang. Comvalius ditarik keluar, digantikan Riky Kayame.

Belum semenit, Kayame sudah melepaskan sebuah tembakan keras kaki kanan. Namun, bola melebar tipis di dekat pojok kanan atas gawang Satria.

Tiga peluang lewat tendangan bebas didapatkan Konate di penghujung laga. Sayangnya, dua tendangan itu membentur pagar betis, satu lagi meninggi tipis di pojok kiri gawang lawan.

Kekalahan tak bisa dihindarkan setelah wasit meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir. Arema kalah terhormat dengan skor yang tipis pula, setelah memberikan perlawanan sengit di kandang lawan.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya