Preview: Arema Indonesia vs Persibo Bojonegoro

Reporter : WeAremania

Wearemania.net - Duel para jawara bakal tersaji di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang malam nanti. Kedua tim merupakan jawara musim lalu di kompetisi yang berbeda. Tim kebanggaan Arek Malang ini berhasil merengkuh tahta Superliga 2009-2010 kemarin. Sedangkan Laskar Angling Dharma adalah penguasa Divisi Utama musim 2009-2010. Jadi bisa dipastikan duel ini adalah duel penuh gengsi dari dua penguasa kompetisi yang berbeda musim kemarin.

Bagi tuan rumah, duel ini juga beraroma balas dendam setelah pada 2008 disingkirkan secara dramatis oleh anak asuh Sartono Anwar ini pada laga Copa Indonesia. Saat itu, Arema kalah 3-1 oleh Persibo Bojonegoro saat memperebutkan satu tempat di babak 32 Copa Indonesia. Dua gol kemenangan Persibo saat itu dicetak Samsul Arif dan satu gol lagi dilesakkan oleh Varney Pas Boakay.

Aremania Ingin Arema Menang

Sejalan dengan persiapan yang dilakukan tim pelatih jelang laga nanti, kabar gembira berhembus dari ruang terapi, yakni para punggawa Singo Edan satu persatu telah kembali dari cedera. "Menghadapi Persibo pemain kami sudah siap diturunkan. Nanti kita akan lihat siapa yang berada dalam kondisi paling siap untuk dimainkan. Hanya Meiga dan Zulkifli Syukur yang kondisinya 80 persen, tapi kita akan pantau perkembangan terakhir dua pemain ini dalam latihan sore nanti (kemarin-red)", ungkap Joko "Getuk" Susilo, asisten pelatih.

Meskipun berasal dari Divisi Utama, kekuatan Persibo Bojonegoro tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa dilihat dari penampilan terakhir tim asuhan Sartono Anwar yang mampu membuat kesulitan saat melawan "rival sekota" Persema Malang. Terbukti Persema hanya mampu menang melalui titik pinalti itupun pada masa injury time.

Salah satu pemain yang bakal mendapat perhatian khusus dari para pemain Arema adalah Samsul Arif. Dialah pencetak dua gol pada tahun 2008 yang membuat Arema harus terhenti pada babak 32 besar Copa Indonesia. Striker lincah ini juga mempunyai catatan bagus ketika lawan Arema, musim lalu saat membela Persela Lamongan, pemain asli didikan Persibo ini juga mencetak gol meskipun tidak mampu membuat Persela meraih kemenangan di Stadion Kanjuruhan.

Upaya meredam kecepatan barisan penyerang Persibo Bojonegoro, akan disiapkan sederet pemain belakang yang selama ini menjadi tulang punggung pertahanan Arema, yakni Beny Wahyudi, Zulkifli, Leonard Tupamahu di bawah komando sang kapten Pierre Njanka.

Lini tengah Arema juga akan bertambah solid sekembalinya Esteban Guillen dari cedera bahu. Esteban bisa kembali berduet dengan Achmad Busthomi dan Roman Chmelo dalam formasi 4-3-3. Dengan banyaknya pilihan pemain maka semakin banyak juga opsi strategi yang akan diinstruksikan pelatih, bisa 4-4-2 dengan kuartet lini tengah M. Ridhuan-Busthomi-Esteban-Dendi Santoso untuk menopang duet Along dan Yongki Ariwibowo atau T.A. Musafri. Atau formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trisula Dendi-Along-T.A. Musafri.

Kalaupun ada salah satu pemain Arema yang cedera, para pemain cadangan siap menggantikan dengan kualitas yang hampir sama. Seperti Juan Revi yang pada dua pertandingan terakhir bermain bagus sebagai pengganti Esteban Guillen, atau Alfaridzi yang pada laga pra musim mampu tampil solid di lini belakang menggantikan Zulkifli Syukur.

Langsung Serang

Bagaimana dengan persiapan anak asuh Sartono Anwar?. Pasca kekalahan dari Persema Malang 1-0, Persibo langsung berbenah dan mengasah kemampuan penyelesaian akhir. Sebab, banyak peluang terbuang percuma di depan mulut gawang. Agar tidak mengulang kesalahan, Sartono Anwar terus berusaha memperbaiki timnya. Bahkan, pelatih senior itu langsung menginstruksikan kepada para pemain untuk menyerang sejak babak pertama berlangsung. "Kami minta, saat peluit ditiup, langsung serang Arema. Sehingga, pertandingan bisa dikendalikan dan peluang segera tercipta," kata Sartono kepada GOAL.com Indonesia, Sabtu (16/10).

Para pemain Persibo Bojonegoro sendiri sudah dalam kondisi siap tempur. Seluruh kekuatan sudah siap diturunkan, termasuk gelandang yang terkenal ngeyel dalam pemainan, Jajang Paliama sudah terbebas dari sanksi akumulasi kartu.

Sejumlah pemain dengan kecepatan tinggi sudah disiapkan pelatih senior yang juga ayah kandung bek Timnas Indonesia, Nova Arianto tersebut. Para pemain depan yang diharapkan mampu merepotkan barisan belakang Arema, antara lain duet Syamsul Arif dan Eugne Buhame Dadi.

Akan tetapi lini belakang Persibo akan ada sedikit celah dengan absennya andalan lini belakang mereka Carlos Eduardo yang terkena akumulasi kartu. Ditambah lagi cederanya Cucu hidayat yang mengalami robek pada lensa matanya akibat cakaran pemain belakang Persema, Abanda Herman beberapa waktu lalu di Stadion Gajayana Malang.

Prakiraan Susunan Pemain:

Arema Indonesia (4-3-3): Kurnia Meiga (PG), Benny Wahyudi, Pierre Njanka, Leonard Tupamahu, Zulkifly Sukur, Muhammad Ridhuan, Esteban Guillen, Ahmad Bustomi, Roman Chamelo, Noh Alam Syah, Dendy Santoso

Pelatih: Miroslav Janu

Persibo Bojonegoro (4-4-2): Syaifuddin (PG), Akhmad Aris Tuansyah, Friyan Eko Yuwono, M Hamzah, Nur Hidayat, Slamet Nurcahyono, Jajang Paliama, Victor Da Silva, M Irfan, Samsul Arif, Eugene Dadi

Pelatih: Sartono Anwar

Artikel sebelumnya

Tinggal Tunggu Kondisi Zulkifli

Artikel selanjutnya

FT Arema 4, Persibo 2

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya