Review: Pelita Jaya 1 vs Arema Indonesia 0

Reporter : WeAremania

Wearemania.net -

Streak positif Arema Indonesia harus terhenti dtangan Pelita Jaya. Dalam lawatannya kali ini, Arema harus mengakui keunggulan tuan rumah Pelita Jaya yang memang tampil lebih padu dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit Olehadi tersebut.

Kemenangan Pelita jaya ini tidak diperoleh dengan mudah. Anak asuh Miroslav Janu memberikan perlawan sengit hingga akhir laga. Kedua tim menampilkan permainan agrsif yang mengandalkan umpan-umpa pendek dari kaki ke kaki. Namun, hanya ada satu tim yang memenangi pertandingan, yakni tuan rumah Pelita Jaya yang unggul 1-0 lewat kaki pemain muda Joko Sasongko.

Joko Sasongko setelah mencetak gol. foto:pelitajaya.co.cc

Dengan hasil ini, maka ambisi Arema untuk menggeser posisi Persija Jakarta di peringkat ketiga tidak sesuai skenario awal alias gagal. Singo Edan tertahan di peringkat empat dengan torehan 37 poin dari 22 pertandingan. Namun, Bagi Pelita Jaya, tambahan poin penuh tersebut membuat posisinya naik dua peringkat ke posisi 10.

Jalannya Pertandingan

Duel dua tim yang sama-sama mengandalkan striker asing dari negeri jiran menjadi tajuk dalam laga ini. Noh Alam Shah yang tengah onfire dikubu Arema Indonesia dan Striker Timnas Malaysia, Safee Sali di Pelita Jaya.

Dalam pertandingan di Stadion Singa Perbangsa, Karawang tersebut, anak asuh Misha, Pelita Jaya tampil menekan sejak menit pertama. Bahkan peluang pertama tim tuan rumah lahir pada menit ke-7 lewat tendangan keras Safee Sali yang masih belum menemui sasaran.

Digempur abis oleh para pemain Pelita lewat kedua sektor sayap membuat Arema Indonesia dalam tekanan. Selang 10 menit berlalu dari peluang pertama Safee, giliran Juan Ramirez yang menebar ancaman ke jantung pertahanan Singo Edan melalui tandukan kerasnya, namun lagi-lagi bola masih melebar tipis di samping kiri gawang Arema.

Lapangan yang sempat diguyur hujan membuat aliran-aliran bola menjadi kurang lancar. Ditambah sulitnya para pemain mengontrol si kulit bundar dalam kondisi lapangan licin tersebut.

Tak ingin diserang terus menerus, Arema Indonesia mencoba lepas dari tekanan dan menebar teror. Menit 23, kesempatan untuk mencetak gol datang dari Roman Chmelo. Tetapi sayang, tendangan kerasnya masih melambung dari gawang tim tuan rumah yang dijaga Muhammad Rahman. Skor 0-0 bertahan sampai peluit babak pertama dibunyikan.

Di babak kedua, belum ada perubahan strategi permainan dari kedua tim. Kedua tim masih mengandalkan para pemain dibabak pertama untuk mencetak skor. Tuan rumah nyaris memimpin berkat sundulan Abdul Rahman, memanfaatkan umpan dari sepak pojok. Kurnia Meiga yang tampil luar biasa berhasil menepis bola yang kemudian membentur tiang gawang dilanjutkan dengan aksi Achmad Bustomi yang membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Pelita semakin bergairah menggedor pertahanan Arema Indonesia yang dikomandoi Roman Golian dan Purwaka Yudhi. Pada menit ke-58, tendangan keras Juan Ramirez nyaris membawa Pelita unggul. Sayang, bola masih melebar tipis di sisi kanan gawang Kurnia Meiga.

Pelita baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit 65 babak kedua. Memanfaatkan kesalahaan Waluyo yang gagal membuang bola setelah membentur rekannya dilini belakang Purwaka, Djoko Sasongko berhasil mengeksekusi bola liar tersebut untuk menggetarkan gawang Kurnia Meiga. 1-0 tim tuan rumah memimpin.

Ketinggalan 1-0 membuat para pemain Arema terlecut untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Berbagai upaya Zulkifli dkk kandas ketika memasuki daerah pertahanan Pelita Jaya yang bermain sangat disiplin.

Pelita Jaya sempat menahan nafas ketika sundulan Roman Golian memanfaatkan umpan M. Ridhuan melaju deras kearah gawang M. Rahman, beruntung bagi tuan ruman sundulan Golian masih membentur mistar gawang dan belum mampu merubah skor.

Kedua tim tetap bermain terbuka hingga akhir pertandingan, namun skor ini tidak berubah hingga wasit Olehadi meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Arema tidak mampu mengejar ketertinggalan dan terpaksa mengakhiri laga dengan skor 1-0. Dan gagal menggeser Persija Jakarta di posisi 3 klasemen sementara.

Artikel selanjutnya

[2009] Buku - Arema Never Die

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya