KISAH - Naturalisasi Beto Yang Tertunda!

Reporter : Afdholud Dzikry
Beto Ingin Menunjukkan Dirinya Masih Berprestasi

Wearemania.net - Kualitas striker Arema Cronous Alberto Goncalves Da Costa sudah tidak diragukan lagi. Gelar top skor ISL musim lalu jadi salah satu bukti ketajamannya. Karena kualitasnya, pemain yang akrab dipanggil Beto tersebut tersebut nyaris jadi pemain naturalisasi Indonesia.

Arema Indonesia tercatat memiliki pemain naturalisasi terbanyak musim ini. Tercatat ada tiga pemain. Yaitu Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, dan Victor Igbonefo. Tapi siapa sangka, dia luar pemain itu ada pemain yang nyaris jadi pemain naturalisasi.

Dia adalah Beto Goncalves. Pemain berdarah Brasil berusia 32 tahun itu hampir jadi Warga Negara Indonesia (WNI) angkatan pertama bersamaan dengan Cristian Gonzales pada 2010 silam. Namun akhirnya dia gagal berpaspor Indonesia karena saat itu dirinya mengalami cedera patah tulang tumit kanan di tahun yang sama. Sehingga PSSI sebagai federasi sepakbola tertinggi di Indonesia memutuskan hanya Gonzales yang dinaturalisasi.

Beto Selalu Rajin Latihan

"Banyak orang yang tanya kepada saya, kenapa tidak jadi orang Indonesia saja. Apalagi saya sudah tujuh tahun main di sini dan punya istri orang Indonesia. Tapi dulu saya hampir jadi orang Indonesia kalau tidak cedera," kenangnya.

Dan kini setelah sembuh, pemain yang lekat dengan nomor punggung 9 itu seakan sudah dilupakan oleh PSSI. Karena sudah banyak pemain naturalisasi keturunan Belanda yang menghiasi timnas Indonesia. Namun Beto ingin membuktikan kalau kualitasnya tak kalah dengan pemain naturalisasi yang membanjiri skuad timnas saat ini.

"Saya lebih senang kalau Indonesia mau naturalisasi pemain karena prestasi," ujarnya.

Namun demikian, Beto mengaku siap jadi WNI jika PSSI memberikan penawaran kedua. Apalagi musim lalu dia berhasil jadi top skor ISL dengan 25 gol. Musim ini, dia juga masuk daftar lima besar top skor sementara dengan 12 golnya.

Tetap Menjadi Tukang Gedor Andalan Arema Indonesia

"Saya siap jadi WNI kalau PSSI me nawari serta saya dibutuhkan. Apalagi negara saya (Brasil) memberi kebebasan warganya memiliki paspor sampai empat negara," tambah dia.

Meski siap berbaju timnas Merah Putih, suami dari perempuan Indonesia asal Tangerang, Dewi Da Costa tersebut enggan memohon-mohon agar PSSI segera menaturalisasi dirinya. Karena Beto lebih memilih untuk menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

"Saya tidak suka meminta-minta. Tapi saya lebih senang kerja keras untuk menunjukkan prestasi saya," lanjut dia.

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya