Player Review: Hendro Siswanto | Pemain Serba Bisa

Reporter : Afdholud Dzikry

Wearemania.net - Meskipun tak selalu menjadi pilihan pertama pelatih Arema, Suharno musim ini, namun Hendro Siswanto bisa dibilang selalu menjadi pemain yang bisa mengubah jalannya permainan.

Musim ini, pemain kelahiran Tuban 24 tahun silam ini hanya mencatat minutes play tak lebih dari 1000 menit, atau tepatnya 772 menit, namun kontribusinya selalu maksimal tiap mendapatkan kesempatan bermain. Dirinya dikenal ngotot saat bermain, dan tidak canggung untuk bermain keras.

Jika Ahmad Bustomi dan I Gede Sukadana punya kemampuan untuk menyerang dan style umpan, dan Gustavo Lopez punya drible dan umpan bagus. Maka Hendro punya kemampuan bermain sedikit 'keras' untuk merusak tempo lawan. 'Kekerasan' Hendro ini hanya sedikit dibawah Juan Revi sebagai perusak lini tengah lawan Arema.

Salah satu kelebihan lain dari mantan pemain Persela Lamongan tersebut adalah kemampuannya bermain di banyak posisi di lini tengah kemampuan komplet inilah yang menyebabkan dia sempat ditawari bermain di Liga Jepang meskipun akhirnya menolak. Secara tipikal, hampir semua posisi di lini tengah pernah dimainkan oleh Hendro Siswanto. Bahkan, Hendro Siswanto juga sempat dimainkan sebagai bek sayap kanan.

Satu hal yang menjadi kelemahan darinya adalah konsistensi penampilan. Kadang dia bermain bagus dan layak mendapatkan applaus, namun, terkadang dia juga bermain buruk.

STATISTIK ISL 2014
Menit Bermain : 772 Menit
Main : 21 kali
Cadangan : 20 kali
Pengganti : 16 kali
Diganti : 1 kali
Gol : 0 gol
Kartu Kuning : 3 kali
Kartu Merah : -
STATISTIK AFC Cup 2014
Menit Bermain : 275 Menit
Main : 7 kali
Cadangan : 4 kali
Pengganti : 4 kali
Diganti : 2 kali
Gol : 1 gol
Kartu Kuning : -
Kartu Merah : -
MOMEN TERBAIK

Hendro beraksi maksimal saat diturunkan sebagai starter manakala menghadapi Maziya Sports & Recreation [Maladewa] di ajang Piala AFC, tidak hanya bermain bagus, Hendro juga menyumbangkan satu gol perdana. Gol yang seperti oase karena tuntutan menang Arema akibat sebelumnya bermain imbang melawan Selangor FA dan kalah melawan Hanoi T&T.

"Saya senang bisa mencetak gol. Bukan karena saya diincar tim Jepang yang membuat saya bermain bagus, sebab saya kalau bermain selalu punya motivasi untuk bermain maksimal," kata pemain berusia 24 tahun ketika itu.

MOMEN TERBURUK

Hampir sulit menemui kondisi Hendro bermain buruk di setiap laga Arema meskipun dia tidak dimainkan 90 menit. Tetapi meski musim ini dia main selama 21 kali namun hanya lima kali starter saja, sisanya sebanyak 16 kali dia masuk menggantikan pemain lain. Tentu saja, maka jumlah starter Hendro musim ini masih kalah jauh dengan musim lalu yaitu 17 kali dan 12 kali masuk dari bench. Semakin sedikitnya kesempatan starter dikarenakan banyaknya gelandang bertipe sama seperti dirinya.

KOMENTAR AREMANIA

"Banyaknya gelandang yang bertipe sama dengan dia musim ini membuat Hendro sedikit mendapatkan kesempatan, namun saya yakin bukan karena dia jelek, melainkan karena strategi pelatih. Terbukti saat dimainkan 90 menit melawan Persib di semi-final kemarin dia juga bermain bagus," Ichwan Aris, Perumahan Dieng

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya