Player Review: Dendi Santoso | Coba Lagi Kesempatan

Reporter : We Aremania

Wearemania.net - Musim ini tentu bukan menjadi musim yang bagus untuk Dendi Santoso dari segi jumlah menit dia dimainkan, pasalnya, pemuda asli Malang itu dimainkan hanya 678 menit.

Bandingkan dengan tiga musim sebelumnya di Arema dimana dia selalu bermain diatas 1000 menit dengan rincian 2010/11 sebanyak 1092 menit, 2011/12 (1248 menit), 2013 (1283 menit).

Tidak dimainkannya Dendi Santoso bisa jadi karena alasan strategi dari tim pelatih, duet Cristian Gonzales dan Alberto Goncaleves sulit digusur jika mereka tidak dalam hukuman, satu-satunya celah Dendi adalah menggusur satu slot tersisa yang biasa ditempati bergantian dengan Samsul. Ataupun dia dimainkan sebagai sayap untuk formasi 4-4-2 Arema.

Dibandingkan era Rahmad Darmawan yang berani memainkan Dendi Santoso sebagai pemain tengah untuk berduet dengan dua pemain lain di formasi 4-3-3, musim ini Dendi selalu dimainkan di sisi sayap depan ketika formasi itu dilakukan, sehingga jika dia mendapatkan kesempatan main, maka harus bergantian untuk posisi yang sudah ditempati oleh Beto ataupun Samsul Arif.

Perbedaan ini bisa jadi merupakan bentuk strategi, karena di era RD, lini tengah memang diminta untuk banyak membawa bola untuk membelah pertahanan lawan, sementara Suharno memberikan kesempatan kepada dua striker sayap seperti Beto, Samsul atupun Irsyad Maulana untu bergerak menyisir dan membongkar ruang.

Kondisi ini tentu saja membuat jebolan akademi di tahun 2007 ini hanya sekali saja dimainkan selama 90 menit, tepatnya saat Arema bermain melawan Semen Padang pada 21 Mei, sisanya pemain berusia 24 tahun itu bermain sebagai pemain pengganti ataupun starter yang diganti.

STATISTIK ISL 2014
Menit Bermain : 678 menit
Main : 14 kali
Cadangan : 14 kali
Pengganti : 5 kali
Diganti : 8 kali
Gol : 0
Kartu Kuning : 3 kali
Kartu Merah : 1 kali
STATISTIK AFC Cup 2014
Menit Bermain : 299 menit
Main : 5 kali
Cadangan : 4 kali
Pengganti : 2 kali
Diganti : 2 kali
Gol : 1
Kartu Kuning : 1
Kartu Merah : -
MOMEN TERBAIK

Momen terbaik dari pria dengan satu anak ini untuk musim ini tidak terjadi di ISL, yaitu saat dia membuat gol saat bermain di Maladewa melawan Maziya Sport & Recreation gol yang menjadi satu-satunya yang dibuat di musim ini itu mampu membuat Arema Cronus menang dengan skor 3-1.

MOMEN TERBURUK

21 Oktober Arema bertekad mencari kemenangan saat bertemu dengan Persipura, Dendi Santoso sebagai pemain cadangan masuk di menit ke-79 menggantikan Alberto Goncalves. Apes baginya karena saat menit ke-85 terjadi sebuah insiden yang melibatkan dia dengan Ruben Sanadi. Hasilnya dia mendapatkan kartu merah langsung dari wasit Najamudin Aspiran. Tidak hanya itu, sanksi larangan dua kali main juga diberlakukan dari komisi disiplin.

KOMENTAR AREMANIA

Secara umum, Dendi selama satu musim memangt kurang bersinar, dia sering mengalami cedera. Secara teknis, posisinya sebagai winger juga berpengaruh terhadap persaingan dengan pemain-pemain lain yang mengisi pos yang sama misalnya Samsul Arif, Arif Suyono atau Irsyad Maulana ataupun Sunarto.

Banyak waktu yang dihabiskan Dendi untuk memulihkan cedera, sehingga setelah fit, dia masih belum menemukan bentuk permainan terbaiknya. Di sisi lain, pemain di posisinya mampu menunjukkan permainan bagus setiap kali dipercaya oleh pelatih. - Ian Setiawan, Aremania Onosogrem

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya