Player Review: Arif Suyono | Seandainya Selalu Bugar

Reporter : We Aremania

Wearemania.net - Arif Suyono kembali ke Arema untuk membela tim yang membesarkan namanya di jagat sepakbola Indonesia. Meskipun terlihat sangat bagus saat pramusim, namun di kompetisi resmi Arif Suyono harus bersaing lebih keras melawan pemain lain.

Sedikitnya waktu bermain yaitu hanya 357 menit di Arema berbeda jauh dengan musim lalu saat memperkuat Mitra Kukar yang mencapai 1927 menit di lapangan. Bisa jadi penurunan performa Arif dikarenakan strategi pelatih Arema Cronus, Suharno dan Joko Susilo.

Dua pelatih Arema itu gemar menggunakan formasi 4-3-3 di lapangan, imbasnya saat dua posisi sudah di cover Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves, satu slot lagi yang diperebutkan oleh pemain bertipikal seperti dirinya ada empat yaitu Dendi Santoso, Sunarto, Samsul Arif, dan Irsyad Maulana. Apesnya, Jika Dendi Santoso dan Irsyad bisa bermain di lini tengah, atau Samsul dan Sunarto bisa menjadi striker, Arif ini adalah pemain yang murni berposisi sebagai sayap.

Tak pelak, dengan kondisi yang tidak selalu bugar karena beberapa kali cedera. Nama Arif selalu menjadi pilihan kesekian untuk dimainkan di lapangan. Tercatat, hanya lima kali saja dia bermain, dengan rincian lima starter dengan empat kali diganti dan tiga kali dia bermain sebagai pengganti.

Di Musim depan, Suharno dan Joko Susilo bakal menjanjikan perubahan. Hal ini terkait dengan hengkanya Alberto Goncalves. Untuk itu, Arif tinggal mengharap dirinya tetap bugar untuk memulai kompetisi di musim 2015 karena talenta dia belum habis.

STATISTIK ISL 2014
Menit Bermain : 357 menit
Main : 8 kali
Cadangan : 8 kali
Pengganti : 4 kali
Diganti : 3 kali
Gol : -
Kartu Kuning : 1 kali
Kartu Merah : -
STATISTIK AFC Cup 2014
Menit Bermain : -
Main : -
Cadangan : -
Pengganti : -
Diganti : -
Gol : -
Kartu Kuning : -
Kartu Merah : -
MOMEN TERBAIK

Arema kehilangan Cristian Gonzales akibat akumulasi kartu kuning. Sebuah kondisi yang membuat Arema memainkan pola 4-4-2 dengan memainkan Arif Suyono disisi kanan untuk memberikan dukungan kepada duet striker Samsul Arif dan Alberto Goncalves.



Dipercaya bermain 90 menit, Arif bermain sangat prima. Jika dia biasa kram saat memasuki babak kedua akhir, maka hal itu tidak terjadi lagi karena dia begitu spartan. Dia bahkan punya andil besar dalam gol pertama Arema. Ketika itu sebuah tembakan memanfaatkan tendangan sudut berhasil di salto oleh Samsul Arif. Kemudian di babak kedua, dia juga turut andil, dimana saat melakukan umpan silang terukur yang mengarah kepada Dendi Santoso, kemudian diteruskan lagi oleh Samsul.

Malam yang luar biasa bagi Arif!!

MOMEN TERBURUK

Saat Arif selalu maksimal ketika dimainkan, maka problem cedera adalah momen terburuk Arif tahun ini. Beberapa kali dia mengalami cedera yang membuatnya harus menepi di lapangan. Di awal musim saat mengikuti Trofeo Persija, Arif mengalami cedera engkel saat mendapatkan tekel keras dari pemain PDRM [Polis Diraja Malaysia]. Dari tayangan televisi, terlihat jika engkel Arif tertekuk, kondisi parahnya Arif semakin terlihat diganti posisinya karena ketika tim medis datang, dia langsung dilepas sepatunya.



Dari cedera itu, dia harus lama merasakan debut untuk membela Arema. Karena cedera itu baru sembuh memasuki bulan Februari saat Arif dimainkan melawan Barito Putra. Dan kerap kali dimainkan dalam laga-laga lain. Hingga dia mengalami cedera lagi di bulan Agustus usai bermain melawan Persita Tangerang. Saat itu pertandingan memasuki menit ke-79 dan dia digantikan Hendro Siswanto.

Selain itu, beberapa kali Arif juga sering terkena sakit, sehingga kesempatan bermain memang harus menunggu kondisinya bugar.

KOMENTAR AREMANIA

Arif masih bisa bermain dengan bagus ketika diturunkan, sayang sekali saat memasuki musim terakhir dia sering absen, bukan karena cedera namun saya membaca koran jika Arif terkena flu, semoga semua problem itu berkurang di musim depan - Wahyu Sanan

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya