Perjuangan Aremanita Kalsel Lakoni Awayday ke Samarinda

Reporter : Agung Prima
Harny Aremanita Kalsel

Wearemania.net - Jauh-jauh hari Suharni sudah merancang rencana awayday ke Samarinda untuk mendukung langsung tim kebanggaannya, Arema FC yang akan menantang tuan rumah Borneo FC di pekan kedua Liga 1 2019, Rabu (22/5/2019) malam. Namun, rencana Aremanita Kalsel (Kalimantan Selatan) itu sempat terancam batal lantaran izin dari orang tuanya.

Aremanita kelahiran Banjarbaru, Kalsel ini mengaku sering mendukung langsung Arema di Stadion. Bahkan, bukan hanya ketika skuat Singo Edan bermain di Kalsel saja (melawan Barito Putera), tiap Arema bertandang ke Pulau Kalimantan pun selalu dijabani bersama nawak-nawak komunitas Aremania South Borneo (ASB)-nya.

Rombongan awayday-nya biasanya terdiri dari delapan sampai sepuluh orang, tergantung anggota ASB yang mengkonfirmasi keikutsertaannya. Namun, tak jarang gadis yang akrab disapa Harny itu menjadi satu-satunya anggota rombongan yang wanita, sehingga kerap menyulitkannya dalam hal mendapatkan izin dari orang tuanya.

"Kalau naik pesawat biasanya saya bisa izin ke orang tua menginap di rumah teman, sehingga bisa berangkat di hari H pertandingan dan pulang keesokan harinya, demi Arema berani berbohong kepada orang tua, padahal salah besar, tapi kalau tidak begitu tidak bisa bertemu dengan nawak-nawak Aremania lainnya," kata Harny kepada WEAREMANIA.

Namun, kalau menempuh perjalanan darat menggunakan mobil atau bus bersama rombongan ASB lainnya, ke Samarinda membutuhkan waktu sekitar 16 jam sekali jalan. Itu pun menurutnya bisa molor lebih lama, tergantung kecakapan sopirnya dan panjang tidaknya antrian kendaraan di penyebrangan Sungai Mahakam.

"Jika lewat darat, saya tidak bisa memakai jurus berbohong menginap di rumah teman, karena setidaknya pulang-pergi kami butuh waktu dua sampai tiga hari, yang bikin lama biasanya di penyeberangannya, karena harus antre barang, kalau pun izin baik-baik kepada orang tua biasanya malah tidak diizinkan, terpaksa saya memakai jalur nakal," candanya.

Andai Harny memutuskan tidak ikut berangkat awayday, biasanya nawak-nawak ASB-nya yang lain menjadi kurang bersemangat. Terlebih saat ini, Aremanita yang berulang tahun pada 22 Mei ini juga sedang berupaya membangkitkan kembali komunitasnya yang lama meredup bersama-sama nawak-nawak yang lain.

Secara silsilah, sebenarnya tak ada darah orang Malang setetespun mengalir di tubuhnya, karena ayahnya orang Nganjuk dan ibunya orang Semarang. Namun, Harny mengaku kebingungan dan tak bisa menjawab alasan kenapa memilih menjadi Aremanita dan jatuh cinta pada Arema sejak masih kecil.

"Tidak aneh, bukannya kalau sudah cinta itu tidak peduli suku, ras, agama, lagi pula yang cinta Arema bukan cuma Arek Malang saja, yang pasti kalau disuruh berhenti menjadi Aremanita saya tidak mau, karena dari situlah saya punya banyak saudara yang kadang melebihi keluarga sendiri, meski jarang bertemu," imbuh gadis berhijab ini.

Sayangnya, Harny semakin kesulitan mendpatkan izin untuk awayday setelah adanya kericuhan di laga perdana Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo Sleman yang membuat laga PSS Sleman vs Arema sempat terhenti, sebelum akhirnya skuat Singo Edan kalah 3-1. Menurutnya, sedikit banyak pasti ada kekhawatiran di benak orang tuanya terkait suasana di Stadion Segiri Samarinda nanti.

Akhirnya, sehari sebelum laga Borneo FC vs Arema dimulai, Harny memastikan keberangkatannya ke Samarinda, meski harus terpisah dari rombongan ASB. Hal itu tak lepas dari upaya pacarnya, yang juga seorang Aremania, dan nawak-nawak komunitasnya yang datang ke rumah, Selasa (21/5/2019), untuk memintakan izin kepada orang tuanya.

"Senang akhirnya saya mendapatkan izin dari orang tua, meskipun saya harus berangkat menggunakan jalur udara ke Samarinda, untung saya masih bisa satu rombongan dengan keluarga camer (calon mertua) dari Balikpapan, tiap Arema bermain di Kalimantan mereka juga selalu nonton," tandasnya.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 26/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya